manfaat buah zuriat






10 Manfaat Buah dari Arab, Buah Zuriat


Buah zuriat atau yang biasa dikenal dengan buah doum oleh orang Arab ini adalah buah yang populer dikalangan jamaah haji. Padahal, buah ini asli dari Hulu Mesir dan bisa juga didapatkan di Sudan, Kenya dan Tanzania. Buah zuriat memiiliki kulit luar yang sangat keras, mirip seperti kulit buah kelapa. Jadi saat akan membelah buah ini, gunakanlah parang. Setelah dibelah, rebuslah daging buah zuriat. Yang terakhir, minumlah air rebusan tersebut dan rasakan manfaatnya. Apa saja manfaat dari buah zuriah? Lets check this out.

1. Tinggi Nutrisi



Buah zuriat kaya akan kandungan mineral, protein dan asam lemak. Terutama kandungan asam linoleat yang cukup tinggi. Selain itu, mengandung coumarin, saponin, flavonoid, minyak essensial dan hydroxycinnamates yang sangat baik untuk tubuh. Karena mengandung nutrisi yang beragam dalam buah zuriat akan membuat kesehatan tubuh terjaga, sehingga Anda tidak mudah sakit.

2. Anti Alergi



Alergi dapat terjadi karena reaksi secara berlebihan dari tubuh karena gagalnya imunitas seseorang terhadap suatu lingkungan atau benda-benda yang dianggap asing dan bahaya oleh tubuh. Saat alergi, biasanya akan timbul ruam-ruam merah yang terasa gatal. Buah zuriat mengandung anti alergi. Kandung flavonoid dan hydroxycinnamates dari buah ini membantu mengurangi reaksi yang ditimbulkan karena alergi.

3. Antioksidan


Terlalu lama terpapar sinar matahari langsung sehingga terkena dampak negatifnya, terlalu banyak makan makanan junk food, perokok aktif atau pasif dan bersahabat dengan macet khas penghuni kota metropolitan. Lalu ditambah dengan hasil metabolisme, maka menghasilkan radikal bebas dalam tubuh. Untuk menyeimbangkan dampak dari radikal bebas, dibutuhkan zat antioksidan. Buah zuriat adalah zat antioksidan alami yang mampu mencegah atau mengurangi stres oksidatif karena dampak dari radikal bebas.

4. Awet Muda



Mulai muncul kerutan dan garis-garis halus, padahal umur masih pertengahan 20-an adalah tanda-tanda dari penuaan dini. Sebelum tanda-tanda penuaan dini makin jelas, ada baiknya segera tangani. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa, buah zuriat mengandung zat antioksidan. Zat antioksidan ini mampu memperlambat proses penuaan dini. Sehingga, Anda akan tampak lebih awet muda.

5. Mengatasi Hipertensi





Hipertensi atau masyarakat pada umumnya menyebut dengan darah tinggi. Hipertensi adalah meningkatnya tekanan darah pada arteri. Peningkatan ini membuat kerja jantung lebih keras untuk mengedarkan darah. Jika dibiarkan, maka akan meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung. Dengan mengkonsumsi buah zuriat secara teratur mampu menurunkan tekanan darah dan mengontrol tekanan darah.

6. Mengatasi Permasalahan Sistem Reproduksi



Selain dikenal dengan nama buah doum, ada juga yang mengenal buah ini dengan nama buah adam atau buah hawa. Untuk yang memiliki permasalahan belum memiliki momongan, buah zuriat mungkin bisa menjadi alternatif. Karena buah ini bisa mengatasi masalah kesuburan pria dan wanita, serta dapat memperkuat dinding rahim pada wanita. Selain itu, bisa mengatasi ketidak stabilan hormon, memperlancar datang bulan pada wanita dan membasmi keputihan.

7. Mengatasi Sembelit



Banyak makan makanan yang kandungan lemak dan gulanya tinggi. Belum lagi kurangnya makanan yang berserat menyebabkan macet sistem pencernaan. Jangan biasakan minum obat pencahar, karena jika dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk tubuh. Konsumsilah buah zuriat yang kandungan serat dan mineral tinggi yang membantu kerja sistem pencernaan. Sehingga memperlancar pembuangan sampah tak berguna dalam usus.

8. Membantu Proses Penyembuhan Luka



Buah zuriat mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat sedang terluka. Hal ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, mengandung vitamin C yang  bermanfaat untuk melindungi dan membunuh kuman-kuman yang membahayakan luka. Hal lain yang harus diperhatikan saat tubuh sedang terluka adalah bisa jadi imunitas tubuh menjadi menurun. Buah zuriat bisa meningkatkan imunitas tubuh Anda.

9. Pelepas Dahaga



Cuaca dengan matahati terik membuat cepat merasa haus. Daripada membeli minuman sembarang yang tidak jelas ‘asal usulnya’, ada baiknya mengkonsumsi minuman yang kaya akan nutrisi. Buah zuriat bisa olah menjadi minuman. Selain menghilangkan rasa dahaga, juga ada banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Buah zuriat juga bisa diolah menjadi sirup dan manisan.

10. Mengobati Mata Binatang Ternak



Ada banyak sekali manfaat yang didapat dari daging buah zuriat untuk manusia. Jika buah zuriat dibelah dua, maka akan terdapat biji. Biji tersebut jangan langsung Anda buang. Karena, biji buah zuriat sangat berguna untuk mengobati sakit mata pada binatang ternak. Jika diobati secara teratur, maka sakit mata hewan ternak akan cepat sembuh.

Buah zuriat memang tidak tumbuh di Indonesia. Tapi, Anda bisa mendapatkannya dengan meminta kepada kerabat yang sedang menjalani haji atau umrah sebagai oleh-oleh. Atau bisa juga membeli secara online. Karena ada banyak sekali manfaat dari buah zuriat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah ini. Jangan bosan untuk hidup sehat!

Comments